Tips Mudah Mengingat


Sebagian orang terkadang merasa kesulitan untuk mengingat beberapa hal atau informasi sekaligus dalam suatu moment waktu yang singkat. Semisal mengingat beberapa nama orang yang baru dikenalnya tadi pagi dan disore harinya nama-nama tersebut lenyap dari kepala alias lupa. Hal ini bukan karena ia orang yang pikun, sudah tua atau pelupa, melainkan hal ini disebabkan karena
tidak balance-nya kerja otak kanan dan kiri diwaktu yang bersamaan tersebut. Pada saat bekenalan otak lebih cenderung untuk mengamati wajah dan fokus pada sikap ramah tamah terhadap orang yang baru dikenalnya. Kemudian otak secara drastis melompat pada pertanyaan tinggal dimana, sekolah dimana atau bekerja dimana. Sehingga tak ayal ketika kita lupa nama seseorang, kemudian kita mencoba mengingat namanya kembali, yang terfikir adalah dia bekerja di perusahaan ini, ia bersekolah disana, ia tinggal di situ, namun kita lupa siapa nama orang tersebut. Kecenderungan ini bukan tanpa sebab, melainkan karena kerja otak yang tidak difungsikan secara maksimal pada saat benar-benar ingin mengingat nama-nama, atau hal lainnya.  Dan hal ini dapat kita cegah dengan melakukan pelatihan keseimbangan dua fungsi otak, yaitu otak kanan dan kiri. Berikut tips agar mudah menghafal atau mengingat beberapa nama atau hal lain yang dihadapkan pada suatu moment yang singkat untuk mengingatnya.

Pertama, kita harus mengatahui terlebih dahulu fungsi kedua otak kita. Yaitu otak kanan lebih cenderung kepada bentuk, gambar, suara, imajinasi, warna dan rasa. Sedangkan Otak Kiri lebih cenderung kepada angka, urutan, keteraturan, logis dan semisalnya.

Kedua, menghubungkan nama-nama yang akan kita ingat dengan menggunakan fungsi otak kanan dan kiri. Yaitu dengan cara otak kiri menghafal urutannya sedangkan otak kanan menjelajah imajinasi nama-nama tersebut agar mudah diingat. Penting diketahui bahwa dengan melibatkan otak kanan daya ingat akan bertahan lama.

Ketiga, membuat cerita berimajinasi dari nama-nama atau kata-kata tersebut.


Berikut metode latihannya:

Silahkan ingat kata-kata dibawah ini secara berurutan dengan memberikan kesan imajinasi pada setiap katanya kemudian susun menjadi cerita yang unik.

- Buku
- Semut
- Otot
- Bunga
- Sepeda
- Batu
- Planet
- Salju
- Uang

Kemudian kata-kata tersebut kita buat sebuah cerita yang unik yang memainkan imajinasi. Jangan takut berimajinasi, tembus saja batas logis kita sehingga ia tidak terasa logis. Jangan takut untuk mengeksplore gambaran diluar batas pikiran, keluarkan saja keanehan imajinasi. Jadilah anak kecil dengan penuh keajaiban imajinasinya. Dengan begitu otak akan mengaktifkan ingatan jangka panjangnya. Berikut ceritanya:

" sebuah Buku dimakan Semut yang beOtot dengan tato Bunga, kemudian ia naik Sepeda menabrak Batu terpental ke Planet penuh Salju dan Uang ".

Bagaimana?? terasa lebih mudah diingat bukan. Selain itu otak kanan yang berimajinasi membuat cerita tersebut bertahan lama dalam ingatan. karena kita cendenrung mudah mengingat hal-hal menyenangkan dalam hidup kita bahkan peristiwa indah saat kita anak-anak masih melekat di otak kita sampai saat ini  karena peran otak kanan yang luar biasa ini.

Demikian.. semoga bermanfaat yaa kawan-kawan.


Komentar

  1. Sangat bermanfaat sekali Mas Junaidi.. terutama untuk orang yang sering lupa seperti saya.. hehe.. ^__^ Terimakasih tips nya ya Mas, semoga sukses selalu..

    http://www.tetydisini.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar